FAKTOR KRITIS

FAKTOR KRITIS
(Pesan Ratu Nyoman Sakti Pengadangan)

Di Bali, dikenal Ida Bhatara Ratu Nyoman Sakti Pengadangan. Dipahatkan berwajah seram di pintu masuk Pura Dalem.

banner 336x280

Pura Dalem adalah tempat suci Ibu Dhurga yang sakti sekaligus pemurah namun berwajah menakutkan, karena dipercayai sebagai penguasa atas sakit dan kematian.

Dalam pemahaman saya, Pura Dalem adalah Batin Bawah Sadar. Di sana berkuasa kekuatan ajaib metafisika manusia. Di sana sumber kemurahan dan berkah, sekaligus sumber penderitaan, rasa sakit dan kematian.

Mereka yang tidak memahami dengan baik kekuatan batin bawah sadarnya, seringkali mengijinkan pikiran-pikiran negatif dan rasa takut berlebihan berkuasa.

Padahal bila mampu memasukkan ide-ide positif dan kebaikan, hasilnya adalah kebahagiaan.

Maka faktor kritis di pikiran sadar menjadi sangat penting untuk memilah ide-ide mana yang layak diijinkan terserap ke batin bawah sadar. Sebab sekali ide itu tersimpan, akan menjadi benih nasib di kemudian hari.

Faktor kritis yang cerdas, nalar yang kuat dan teguh menjaga pintu masuk batin bawah sadar, ibarat Ida Bhatara Ratu Nyoman Sakti Pengadangan yang akan menghadang ide-ide buruk yang hendak masuk ke batin bawah sadar.

Fungsi Faktor Kritis ini sederhana. Namun mereka yang belum terlatih, bahkan tidak mampu membedakan ide-ide buruk yang sangat halus menyelinap ke dalam.

Rasa takut berlebihan akan masuk sebagai rasa cemas. Rasa cemas bisa menjadi benih derita psikosomatik. Selain itu kecemasan akan menurunkan sistem imunitas tubuh menghadapi begitu banyak kuman.

Sebaliknya faktor kritis yang terjebak rasa lengah akan menjadi benih kenekatan membabi buta. Ia juga sama-sama menyebabkan sistem imunitas tubuh menjadi lemah karena tidak siaga terhadap kemungkinan terburuk.

Itu sebabnya dalam proses imunisasi dilakukan pemberian booster agar kesiagaan sistem imun tetap terjaga.

Mereka yang faktor kritisnya lemah, akan mudah terjebak dalam kecemasan atau sebaliknya larut dalam kelengahan.

Dan hari ini, perayaan Pagerwesi sedang berpesan;
“Jagalah kekuatan faktor kritis penjaga batin bawah sadarmu dengan ilmu pengetahuan yang benar serta pandangan yang benar. Agar ia bisa kokoh memagari sumber kekuatan batin bawah sadar yang akan mengukir kehidupanmu.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *